Minggu, 03 Februari 2013

Karya Ilmiah


LEMBAR PENGESAHAN

Laporan Penelitian
Menyikapi Dampak Negatif Internet di Kalangan Siswa Kelas IX C SMP N 1 Godean
Dilaksanakan pada bulan Desember 2012 hingga bulan Januari 2013



Telah disetujui oleh guru pembimbing karya ilmiah
Godean, 12 Januari 2013


Mengesahkan dan Mengetahui

        Pembimbing

Puji Lestari, S.Pd
NIP: 19700508 199702 2 003


Absrak
Internet memiliki banyak manfaat dan juga memiliki banyak dampak negatif. Oleh karena itu pengguna internet, termasuk siswa kelas IX C SMP N 1 Godean harus memilah-milah dalam penggunaan internet. Dari situlah penelitian dengan judul “Menyikapi Dampak Negatif Internet di Kalangan Siswa Kelas IX C SMP N 1 Godean” ini dilakukan, karena tujuan dibuatnya karya ilmiah ini adalah untuk mencari cara tepat menyikapi hal-hal negatif yang ditimbulkan oleh internet.
Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Godean yang beralamat di Sidoluhur, Godean, Sleman, Yogyakarta pada bulan Desember 2012 hingga Januari 2013. Dengan subjek penelitian siswa kelas IX C SMP N 1 Godean dan objek penelitiannya adalah cara untuk menyikapi hal-hal negatif internet yang dilakukan oleh siswa  kelas IX C SMP N 1 Godean. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan angket yang dibagikan kepada siswa kelas IX C SMP N 1 Godean dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif.
Banyak diantara siswa kelas IX C SMP N1 Godean yang kami beri angket banyak yang menyatakan bahwa mereka sering menggunakan fasilitas internet dan mereka menggunakan fasilitas internet untuk mengerjakan tugas, bermain game, menggunakan jejaring sosial. Penggunaan internet oleh siswa kelas IX C SMP N 1 Godean lebih sering pada sore dan malam hari, mereka menggunakan fasilitas internet dengan jangka waktu 1-5 jam per hari. Akan tetapi ada yang menggunakan fasilitas internet tidak setiap hari, mereka menggunakan dengan jangka 3-10 jam perminggu, itu pun jika sedang ada tugas dari sekolah. Siswa kelas IX C SMP  N 1 Godean banyak yang sudah bisa mengatur waktu antara belajar dan bermain internet jadi penggunaan internet tidak menganggu waktu belajar. Banyak diantara responden yang menyatakan bahwa telah merasakan dampak negatif penggunaan internet, tetapi sudah banyak juga yang memiliki cara untuk menghindari dampak negatif internet. Sebaiknya orang tua mengerti apa dampak negatif internet bagi anak mereka jadi orang tua dapat menasihati anak mereka agar tidak merasakan dampak negatif internet.

KATA PENGANTAR

Assalammu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillahirobbil alamin, dengan mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Karya Ilmiah ini dengan baik dan tidak ada suatu kendala apapun.
Tujuan membuat Karya Ilmiah ini adalah sebagai tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada kami dan untuk mengetahui cara siswa kelas IX C SMP N 1 Godean dalam menyikapi dampak-dampak negatif internet.
Kami menyadari bahwa selesainya tugas ini tidak lepas dari pesan dan bantuan dari guru bahasa indonesia, yang berupa dorongan, petunjuk, kritik dan saran, oleh karena itu tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Puji Lestari, S.Pd selaku guru bahasa indinesia kelas IX di SMP N 1 Godean. Kami juga mengucapkan terima kasih kebapa siswa-siswi kelas IX C SMP N 1 Godean yang telah membantu kami dalam pengumpulan data.
Kami menyadari bahwa tugas kami ini masih banyak kekurangannya, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. Dan kami juga mengucapkan terima kasih atas semua kerjasamanya.
Wassalammu’alaikum Wr. Wb.

                                                                                               Godean,   Januari 2013
                                                                                                      Hormat kami,

                                                                                                         Penyusun
DAFTAR ISI

Halaman Pengesahan......................................................................................................i
Abstrak..........................................................................................................................ii
Kata Pengantar..............................................................................................................iii
Daftar Isi.......................................................................................................................iv
BAB I Pendahuluan.......................................................................................................1
BAB II Kajian Teori......................................................................................................2
BAB III Metodologi Penelitian......................................................................................3
BAB IV Pembahasan.....................................................................................................4
BAB V Penutup.............................................................................................................7
Daftar Pustaka................................................................................................................8
Lampiran........................................................................................................................9

 BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Dengan hadirnya internet maka semakin mudah untuk mengakses berbagai informasi secara global. Internet juga menjadi sumber belajar, karena dengan menggunakan internet pelajar dapat mengakses informasi secara cepat dan mudah. Selain terdapat banyak manfaat, internet memiliki banyak dampak negatif. Oleh karena itu pengguna internet termasuk siswa kelas IX C SMP N 1 Godean dituntut untuk memilah-milah dalam penggunaan internet. Namun kenyataannya beberapa siswa merasakan dampak negatif internet. Untuk itu diperlukan solusi tepat untuk menyikapi berbagai dampak negatif internet.
B.     Identifikasi Masalah
Dari latar belakang masalah tersebut, maka dapat disimpulkan masalah yang terdapat dalam penggunaan internet antara lain:
1.      Internet memiliki banyak dampak negatif
2.      Pengguna internet, termasuk siswa kelas IX C SMP N 1 Godean dituntut untuk memilah-milah dalam penggunaan internet
3.      Beberapa siwa merasakan dampak negatif internet
4.      Perlu solusi untuk menyikapi hal-hal negatif yang ditimbulkan internet.
C.     Batasan Masalah
Dari identifikasi masalah tersebut maka penulis hanya akan membahas tentang solusi mengatasi hal-hal negatif yang ditimbulkan internet.
D.    Rumusan Masalah
Bagaimana siswa kelas IX C SMP N 1 Godean menyikapi hal-hal negatif yang ditumbulkan oleh internet?
E.     Tujuan
Tujuan dibuatnya karya ilmiah ini adalah untuk mencari cara tepat menyikapi hal-hal negatif yang ditimbulkan oleh internet.
F.      Manfaat
Agar para siswa dapat menggunakan internet dengan sebagaimana mestinya dan tidak lagi merasakan dampak-dampak negatif internet.

BAB II
KAJIAN TEORI
A.    Pengertian Internet
Lani Sidharta menyatakan bahwa internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan komputer yang dapat memberikan layanan informasi secara lengkap dan terbukti bahwa internet dilihat sebagai media maya yang dapat menjadi rekan bisnis, politik dan hiburan. Sedangkan menurut Khoe Yao Tung internet adalah jaringan satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia.
B.     Dampak Positif Internet
1.      Terdapat informasi dan pengetahuan yang tak terbatas
2.      Menggunakan internet untuk bisnis
3.      Menggunakan internet untuk hiburan
4.      Mendapatkan informasi dengan biaya yang murah
5.      Internet sebagai sarana komunikasi yang efisien
6.      Dapat mengenal orang dari semua penjuru dunia
7.      Internet digunakan untuk keperluan darurat
C.     Dampak Negatif Internet
1.      Informasi dalam internet tidak tersaring
2.      Internet menyebabkan kecenderungan
3.      Internet berdampak buruk bagi kesehatan
4.      Internet berdampak buruk bagi mata
5.      Menyebabkan keterbatasan pergaulan sosial
6.      Kejahatan dan penipuan
7.      Kebebasan yang berlebihan

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.    Tempat dan Waktu Penelitian
1.      Tempat
Penelitian ini bertempat di SMP N 1 Godean yang beralamat di Sidoluhur, Godean, Sleman, Yogyakarta.
2.      Waktu
No
Kegiatan
Desember
Januari
I
II
III
IV
I
II
III
IV
V
1
Penentuan Judul dan Rumusan Masalah







2
Pencarian Referensi








3
Penyusunan Proposal








4
Melakukan Penelitian








B.     Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C SMP N 1 Godean.
C.     Objek Penelitian
Objek penelitian ini adalah cara untuk menyikapi hal-hal negatif internet yang dilakukan oleh siswa  kelas IX C SMP N 1 Godean.
D.    Tekhnik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang kami gunakan adalah dengan angket.
E.     Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang kami gunakan adalah diskripsi kuantitatif.

BAB IV
PEMBAHASAN
Menurut hasil angket yang kami sebar kepada responden yang masih sebagai pelajar di SMP N 1 Godean kelas IX C, 13 responden menyatakan sering menggunakan fasilitas internet, 3 responden menyatakan jarang menggunakan internet dan ternyata 1 responden menyatakan sangat sering menggunakan fasilitas internet. Itu menunjukkan bahwa lebih banyak siswa yang sering menggunakan fasilitas internet daripada yang jarang menggunakan fasilitas internet. Jika dimasukkan dalam persen maka 76,5% responden menyatakan sering menggunakan fasilitas internet, 17,6% responden menyatakan jarang menggunakan fasilitas internet dan 5,9% responden menyatakan sangat sering menggunakan fasilitas internet. Data tersebut dapat dilihal di tabel 1, pada lampiran.
Banyak diantara responden menggunakan fasilitas internet untuk mengerjakan tugas mereka. Akan tetapi tak sedikit diantara mereka yang menggunakan fasilitas internet tak hanya untuk mengerjakan tugas tetapi juga untuk menghibur diri dengan game dan menggunakan jejaring sosial, diantaranya facebook dan twitter. Data tersebut dapat dilihal di tabel 2, pada lampiran.
Karena responden menggunakan fasilitas internet untuk mengerjakan tugas, jadi penggunaan internet mereka tidak tentu. Banyak diantara siswa yang tidak setiap hari menggunakan fasilitas internet, mereka menggunakan fasilitas internet dalam satu minggu 3-10 jam, tetapi ada yang mencapai 20 jam per minggu. Akan tetapi masih banyak yang menggunakan fasilitas internet setiap hari dengan jangka waktu 1-5 jam per hari, bahkan ada seorang responden yang menggunakan fasilitas internet setiap harinya bisa mencapai 6 jam. Hampir semua responden menggunakan fasilitas internet pada sore atau malam hari, kerena responden masih seorang pelajar. Data tersebut dapat dilihal di tabel 1, pada lampiran. Data tersebut dapat dilihal di tabel 3, pada lampiran.
Responden sebanyak 70,6% menyatakan bahwa penggunaan internet tidak mengganggu waktu belajar mereka, karena mereka telah bisa mengatur waktu untuk belajar dan menggunakan fasilitas internet, ada juga yang menyatakan bahwa penggunaan internet untuk membatu proses belajar, yaitu untuk mencari informasi seputar pelajaran. Akan tetapi 17,6% responden menyatakan penggunaan internet mengganggu waktu belajar mereka, karena belum bisa membagi waktu, belum bisa menahan diri untuk ber-internetan,ada juga yang menyatakan kalau sudah menggunakan internet menjadi malas belajar. Dan 11,8% menyatakan hanya terkadang saja penggunaan internet mengganggu waktu belajar mereka. Data tersebut dapat dilihal di tabel 5, pada lampiran.
Internet memiliki dampak negatif, 70,6% menyatakan bahwa mereka pernah merasakan dampak internet. Dampak-dampak internet yang pernah mereka rasakan antara lain:
A.    Mengganggu waktu belajar.
B.     Membuat badan terasa lelah setelah menggunakan fasilitas internet.
C.     Bosan untuk beraktifitas.
D.    Lupa akan waktu.
E.     Terdapat gambar-gambar yang tidak baik untuk dilihat (porno).
F.      Kecanduan jejaring sosial.
G.    Malas untuk belajar.
H.    Tugas atau pr dari sekolah terlupakan karena keasyikan menggunakan fasilitas internet.
I.       Mengganggu kesehatan mata.
Akan tetapi 23,5% menyatakan bahwa mereka belum pernah merasakan dampak negatif internet. Data tersebut dapat dilihal di tabel 1, pada lampiran.
Dalam menyikapi dampak-dampak negatif yang ada responden yang merasa terkena dampak negatif internet telah memiliki cara mereka sendiri, diantaranya:
A.    Menggunakan fasilitas internet dengan seperlunya.
B.     Memiliki niat, tekat dan usaha yang kuat untuk mengurangi penggunaan fasilitas internet, teutama yang kurang bermanfaat.
C.     Membatasi dan mengurangi penggunaan internet, setiap harinya.
D.    Berhati-hati saat menjelajahi internet.
E.     Selektif dalam penggunaan internet.
F.      Memperkuat iman.
Responden yang belum pernah meresakan dampak internet juga memiliki cara untuk terhindar dari dampak negatif internet, yaitu dengan:
A.    Tidak menyalahgunakan penggunaan internet.
B.     Memperkuat iman.
C.     Fokus dengan tujuan penggunaan internet, terutama untuk belajar.
Ternyata memperkuat iman menjadi cara yang digunakan oleh responden baik yang pernah mengalami maupun yang belum pernah mengalami dampak negatif internet untuk mengurangi ataupu terhindar dari dampak-dampak negatif penggunaan internet. Ada seorang responden yang belum tahu bagaimana cara menghindari damapk negatif internet menyatakan bahwa ia diingatkan oleh ibunay jika telah menggunakan fasilitas internet terlalu lama.
Selain itu beberapa responden yang menyatakan bahwa mengatur waktu adalah salah satu cara untuk terhindar dari dampak negatif internet. Cara mengatur waktu yang dilakukan responden untuk menbagi waktu belajar dan waktu menggunakan internet antara lain:
A.    Penggunaan internet hanya ketika benar benar dibutuhkan dalam pelajaran jadi tidak mengganggu belajar, tetapi malah membantu dalam belajar.
B.     Menggunakan fasilitas internet diwaktu luang bukan disaat waktu belajar.
C.     Disaat ada  jadwal ulangan jika masih ingin menggunakan fasilitas internet diusahakan untuk tidak terlalu lama penggunaan  fasilitas internetnya.
D.    Memfaokuskan diri untuk hal yang lebih penting dibandingkan dengan penggunaan internet untuk hiburan, misalnya Ujian Nasional.
E.     Penggunaan internet pada sore hari dan belajar pada malam hari, atau sebaliknya.
F.      Tidak membeli pulsa modem, jika menggunakan fasilitas internet di rumah bukan di warnet.

BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada BAB IV dapat disimpulkan bahwa:
1.      Banyak para siswa kelas IX C SMP N 1 Godean sering menggunakan fasilitas internet.
2.      Penggunaan fasilitas internet yang responden lakukan untuk mendapatkan informasi, mengerjakan tugas, menghibur diri dengan game, dan fasilitas jejaring sosial.
3.      Banyak diantara para siswa tersebut telah merasakan dampak negatif dari seringnya menggunakan fasilitas internet.
4.      Para siswa sudah bisa mengatasi dampak negatif panggunaan internet tersebut dengan cara mereka sendiri.
B.     Saran
Orang tua hendaknya tahu apa saja dampak negatif internet dan bagaimana cara mengatasinya. Sehingga para orang tua dapat menasihati anak-anaknya agar tidak terjerumus kedalam bahaya atau dampak negatif internet tersebut dan juga para orang tua dapat memberikan pengawasan kepada anak-anak mereka dengan ilmu yang mereka miliki. Mereka dapat memberikan nasihat kepada anak-anak mereka cara-cara memanfaatkan fasilitas yang ada diinternet.

 DAFTAR PUSTAKA




 LAMPIRAN
             A. Daftar Tabel Rekapitulasi
Tabel  1. Rekapitulasi Frekuensi Penggunaan Fasilitas Internet
No.
Pernyataan
Jumlah Responden
Presentase
1.
Sangat sering menggunakan fasilitas internet
1
5,9%
2.
Sering menggunakan fasilitas internet
13
76,5%
3.
Jarang menggunakan fasilitas internet
3
17,6%

Tabel 2. Rekapitulasi Penggunaan Fasilitas Internet
No.
Pernyataan
Jumlah Responden
Presentase
1.
Fasilitas Internet untuk mengerjakan tugas
5
29,4%
2.
Fasilitas Internet untuk mengerjakan hiburan
0
0%
3.
Fasilitas Internet untuk mengerjakan tugas dan hiburan
12
70,6%

Tabel 3. Rekapitulasi Lama Penggunaan Fasilitas Internet
No.
Pernyataan
Jumlah Responden
Presentase
1.
1-5  per hari menggunakan fasilitas internet
6
35,3%
2.
Lebih dari 5 jam per hari menggunakan fasilitas internet
1
5,9%
3.
1-10 per minggu menggunakan fasilitas internet
6
35,3%
4.
Lebih dari 10 jam per minggu menggunakan fasilitas internet
1
5,9%
5.
Tidak tentu  menggunakan fasilitas internet
3
17,6%

Tabel 4. Rekapitulasi Waktu Penggunaan Fasilitas Internet
No.
Pernyataan
Jumlah Responden
Presentase
1.
Siang hari menggunakan fasilitas internet
1
5,9%
2.
Sore hari menggunakan fasilitas internet
6
35,3%
3.
Malam hari menggunakan fasilitas internet
5
29,4%
4.
Lain-lain
5
29,4%

Tabel 5. Penggunaan Internet Mengganggu Waktu Belajar
No.
Pernyataan
Jumlah Responden
Persentase
Alasan
1.
Penggunaan internet mengganggu waktu belajar
3
17,6%
Setelah menggunakan internet menjadi malas belajar, tidak bisa menahan diri ber-internet. Tidak bisa membagi waktu
2.
Penggunaan internet tidak mengganggu waktu belajar
12
70,6%
Internet untuk belajar, bisa membagi waktu, tidak sering ber-internet.
3.
Kadang mengganggu waktu belajar
2
11,8%
Terkadang terlalu asyik bermain internet, belum bisa membagi waktu,

Tabel 6. Cara Membagi Waktu Penggunaan Internet dan Waktu Belajar
No.
Pernyataan
Jumlah Responden
Presentase
1.
Memakai internet seperlunya dan benar-benar membutuhkan
2
11,8%
2.
Menggunakan fasilitas internet diwaktu luang
2
11,8%
3.
Memfaokuskan diri untuk hal yang lebih penting
6
35,3%
4.
Tidak membeli pusa modem
1
5,9%
5.
Lain-lain
6
35,3%


Tabel 7. Merasakan Dampak Negatif Internet
No.
Pernyataan
Jumlah Responden
Presentase
Dampak
1.
Pernah merasakan dampak negatif internet
12
70,6%
Lupa waktu, terkadang terdapat gambar porno, malas belajar, mengganggu waktu belajar, lupa akan tugas, merusak mata, lelah, bosan beraktifitas, kecanduan jejaring sosial,
2.
Tidak pernah merasakan dampak negatif internet
5
29,4%


Tabel 8. Cara Menyikapi Dampak Negatif Internet.
No.
Pernyataan
Jumlah Responden
Presentase
1.
Menggunakan fasilitas internet dengan seperlunya.
4
23,5%

Memiliki niat, tekat dan usaha yang kuat untuk mengurangi penggunaan fasilitas internet
1
5,9%

Berhati-hati saat menjelajahi internet
1
5,9%

Memperkuat iman.
3
17,6%

Tidak menyalahgunakan penggunaan internet.
1
5,9%

Mengatur waktu dengan baik
3
17,6%

Belum tahu caranya
3
17,6%

Ada yang mengingatkan
1
5,9%

Maaf jika ada kata yang kurang tepat dan untuk teman teman yang satu kelompok maaf aku nggak bilang sebelum nge-post ini. Semoga Bermanfaat!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar