LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan
Penelitian
Menyikapi
Dampak Negatif Internet di Kalangan Siswa Kelas IX C SMP N 1 Godean
Dilaksanakan
pada bulan Desember 2012 hingga bulan Januari 2013
Telah
disetujui oleh guru pembimbing karya ilmiah
Godean,
12 Januari 2013
Mengesahkan
dan Mengetahui
Pembimbing
Puji
Lestari, S.Pd
NIP: 19700508 199702 2 003
Absrak
Internet
memiliki banyak manfaat dan juga memiliki banyak dampak negatif. Oleh karena
itu pengguna internet, termasuk siswa kelas IX C SMP N 1 Godean harus
memilah-milah dalam penggunaan internet. Dari situlah penelitian dengan judul
“Menyikapi Dampak Negatif Internet di Kalangan Siswa Kelas IX C SMP N 1 Godean”
ini dilakukan, karena tujuan dibuatnya karya ilmiah ini adalah untuk mencari
cara tepat menyikapi hal-hal negatif yang ditimbulkan oleh internet.
Penelitian ini
dilakukan di SMP N 1 Godean yang beralamat di Sidoluhur, Godean, Sleman,
Yogyakarta pada bulan Desember 2012 hingga Januari 2013. Dengan subjek
penelitian siswa kelas IX C SMP N 1 Godean dan objek penelitiannya adalah cara
untuk menyikapi hal-hal negatif internet yang dilakukan oleh siswa kelas IX C SMP N 1 Godean. Teknik pengumpulan
data yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan angket yang dibagikan
kepada siswa kelas IX C SMP N 1 Godean dan teknik analisis data yang digunakan
adalah deskripsi kuantitatif.
Banyak diantara
siswa kelas IX C SMP N1 Godean yang kami beri angket banyak yang menyatakan
bahwa mereka sering menggunakan fasilitas internet dan mereka menggunakan
fasilitas internet untuk mengerjakan tugas, bermain game, menggunakan jejaring sosial. Penggunaan internet oleh siswa
kelas IX C SMP N 1 Godean lebih sering pada sore dan malam hari, mereka
menggunakan fasilitas internet dengan jangka waktu 1-5 jam per hari. Akan
tetapi ada yang menggunakan fasilitas internet tidak setiap hari, mereka
menggunakan dengan jangka 3-10 jam perminggu, itu pun jika sedang ada tugas
dari sekolah. Siswa kelas IX C SMP N 1
Godean banyak yang sudah bisa mengatur waktu antara belajar dan bermain internet
jadi penggunaan internet tidak menganggu waktu belajar. Banyak diantara
responden yang menyatakan bahwa telah merasakan dampak negatif penggunaan
internet, tetapi sudah banyak juga yang memiliki cara untuk menghindari dampak
negatif internet. Sebaiknya orang tua mengerti apa dampak negatif internet bagi
anak mereka jadi orang tua dapat menasihati anak mereka agar tidak merasakan
dampak negatif internet.
KATA
PENGANTAR
Assalammu’alaikum
Wr. Wb.
Alhamdulillahirobbil
alamin, dengan mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat serta hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Karya Ilmiah ini dengan baik dan
tidak ada suatu kendala apapun.
Tujuan
membuat Karya Ilmiah
ini adalah sebagai tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada kami
dan untuk mengetahui cara siswa kelas IX C SMP N 1 Godean dalam menyikapi
dampak-dampak negatif internet.
Kami
menyadari bahwa selesainya tugas
ini tidak lepas dari pesan dan bantuan dari guru bahasa indonesia,
yang berupa dorongan, petunjuk, kritik dan saran, oleh karena itu tidak lupa
kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Puji Lestari, S.Pd selaku guru bahasa indinesia kelas IX
di SMP N 1 Godean.
Kami juga mengucapkan terima kasih kebapa siswa-siswi kelas IX C SMP N 1 Godean
yang telah membantu kami dalam pengumpulan data.
Kami menyadari bahwa tugas kami
ini masih banyak kekurangannya, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat
kami harapkan. Dan kami juga mengucapkan terima kasih atas semua kerjasamanya.
Wassalammu’alaikum
Wr. Wb.
Godean, Januari 2013
Hormat kami,
Penyusun
DAFTAR
ISI
Halaman
Pengesahan......................................................................................................i
Abstrak..........................................................................................................................ii
Kata
Pengantar..............................................................................................................iii
Daftar
Isi.......................................................................................................................iv
BAB
I Pendahuluan.......................................................................................................1
BAB
II Kajian Teori......................................................................................................2
BAB
III Metodologi Penelitian......................................................................................3
BAB
IV Pembahasan.....................................................................................................4
BAB
V Penutup.............................................................................................................7
Daftar
Pustaka................................................................................................................8
Lampiran........................................................................................................................9
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Dengan
hadirnya internet maka semakin mudah untuk mengakses berbagai informasi secara
global. Internet juga menjadi sumber belajar, karena dengan menggunakan
internet pelajar dapat mengakses informasi secara cepat dan mudah. Selain
terdapat banyak manfaat, internet memiliki banyak dampak negatif. Oleh karena
itu pengguna internet termasuk siswa kelas IX C SMP N 1 Godean dituntut untuk memilah-milah
dalam penggunaan internet. Namun kenyataannya beberapa siswa merasakan dampak
negatif internet. Untuk itu diperlukan solusi tepat untuk menyikapi berbagai
dampak negatif internet.
B. Identifikasi
Masalah
Dari
latar belakang masalah tersebut, maka dapat disimpulkan masalah yang terdapat
dalam penggunaan internet antara lain:
1.
Internet memiliki banyak dampak negatif
2.
Pengguna internet, termasuk siswa kelas
IX C SMP N 1 Godean dituntut untuk memilah-milah dalam penggunaan internet
3.
Beberapa siwa merasakan dampak negatif
internet
4.
Perlu solusi untuk menyikapi hal-hal negatif
yang ditimbulkan internet.
C. Batasan
Masalah
Dari
identifikasi masalah tersebut maka penulis hanya akan membahas tentang solusi
mengatasi hal-hal negatif yang ditimbulkan internet.
D. Rumusan
Masalah
Bagaimana
siswa kelas IX C SMP N 1 Godean menyikapi hal-hal negatif yang ditumbulkan oleh
internet?
E. Tujuan
Tujuan
dibuatnya karya ilmiah ini adalah untuk mencari cara tepat menyikapi hal-hal
negatif yang ditimbulkan oleh internet.
F. Manfaat
Agar
para siswa dapat menggunakan internet dengan sebagaimana mestinya dan tidak
lagi merasakan dampak-dampak negatif internet.
BAB
II
KAJIAN
TEORI
A. Pengertian
Internet
Lani
Sidharta menyatakan bahwa internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan
komputer yang dapat memberikan layanan informasi secara lengkap dan terbukti
bahwa internet dilihat sebagai media maya yang dapat menjadi rekan bisnis,
politik dan hiburan. Sedangkan menurut Khoe Yao Tung internet adalah jaringan
satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung
internet di seluruh dunia.
B. Dampak
Positif Internet
1. Terdapat
informasi dan pengetahuan yang tak terbatas
2. Menggunakan
internet untuk bisnis
3. Menggunakan
internet untuk hiburan
4. Mendapatkan
informasi dengan biaya yang murah
5. Internet
sebagai sarana komunikasi yang efisien
6. Dapat
mengenal orang dari semua penjuru dunia
7. Internet
digunakan untuk keperluan darurat
C. Dampak
Negatif Internet
1. Informasi
dalam internet tidak tersaring
2. Internet
menyebabkan kecenderungan
3. Internet
berdampak buruk bagi kesehatan
4. Internet
berdampak buruk bagi mata
5. Menyebabkan
keterbatasan pergaulan sosial
6. Kejahatan
dan penipuan
7. Kebebasan
yang berlebihan
BAB
III
METODOLOGI PENELITIAN
METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat
dan Waktu Penelitian
1. Tempat
Penelitian
ini bertempat di SMP N 1 Godean yang beralamat di Sidoluhur, Godean, Sleman,
Yogyakarta.
2. Waktu
No
|
Kegiatan
|
Desember
|
Januari
|
|||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
||
1
|
Penentuan Judul dan
Rumusan Masalah
|
√
|
√
|
|||||||
2
|
Pencarian Referensi
|
√
|
||||||||
3
|
Penyusunan Proposal
|
√
|
||||||||
4
|
Melakukan Penelitian
|
√
|
B. Subjek
Penelitian
Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IX C SMP N 1 Godean.
C. Objek
Penelitian
Objek
penelitian ini adalah cara untuk menyikapi hal-hal negatif internet yang
dilakukan oleh siswa kelas IX C SMP N 1
Godean.
D. Tekhnik
Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data yang kami gunakan adalah dengan angket.
E. Teknik
Analisis Data
Teknik
analisis data yang kami gunakan adalah diskripsi kuantitatif.
BAB
IV
PEMBAHASAN
Menurut
hasil angket yang kami sebar kepada responden yang masih sebagai pelajar di SMP
N 1 Godean kelas IX C, 13 responden menyatakan sering menggunakan fasilitas
internet, 3 responden menyatakan jarang menggunakan internet dan ternyata 1
responden menyatakan sangat sering menggunakan fasilitas internet. Itu
menunjukkan bahwa lebih banyak siswa yang sering menggunakan fasilitas internet
daripada yang jarang menggunakan fasilitas internet. Jika dimasukkan dalam
persen maka 76,5% responden menyatakan sering menggunakan fasilitas internet,
17,6% responden menyatakan jarang menggunakan fasilitas internet dan 5,9%
responden menyatakan sangat sering menggunakan fasilitas internet. Data
tersebut dapat dilihal di tabel 1, pada lampiran.
Banyak
diantara responden menggunakan fasilitas internet untuk mengerjakan tugas
mereka. Akan tetapi tak sedikit diantara mereka yang menggunakan fasilitas
internet tak hanya untuk mengerjakan tugas tetapi juga untuk menghibur diri
dengan game dan menggunakan jejaring
sosial, diantaranya facebook dan twitter. Data tersebut dapat dilihal di
tabel 2, pada lampiran.
Karena
responden menggunakan fasilitas internet untuk mengerjakan tugas, jadi
penggunaan internet mereka tidak tentu. Banyak diantara siswa yang tidak setiap
hari menggunakan fasilitas internet, mereka menggunakan fasilitas internet dalam
satu minggu 3-10 jam, tetapi ada yang mencapai 20 jam per minggu. Akan tetapi
masih banyak yang menggunakan fasilitas internet setiap hari dengan jangka
waktu 1-5 jam per hari, bahkan ada seorang responden yang menggunakan fasilitas
internet setiap harinya bisa mencapai 6 jam. Hampir semua responden menggunakan
fasilitas internet pada sore atau malam hari, kerena responden masih seorang
pelajar. Data tersebut dapat dilihal di tabel 1, pada lampiran. Data tersebut
dapat dilihal di tabel 3, pada lampiran.
Responden
sebanyak 70,6% menyatakan bahwa penggunaan internet tidak mengganggu waktu
belajar mereka, karena mereka telah bisa mengatur waktu untuk belajar dan
menggunakan fasilitas internet, ada juga yang menyatakan bahwa penggunaan
internet untuk membatu proses belajar, yaitu untuk mencari informasi seputar
pelajaran. Akan tetapi 17,6% responden menyatakan penggunaan internet
mengganggu waktu belajar mereka, karena belum bisa membagi waktu, belum bisa
menahan diri untuk ber-internetan,ada
juga yang menyatakan kalau sudah menggunakan internet menjadi malas belajar.
Dan 11,8% menyatakan hanya terkadang saja penggunaan internet mengganggu waktu
belajar mereka. Data tersebut dapat dilihal di tabel 5, pada lampiran.
Internet memiliki dampak negatif, 70,6%
menyatakan bahwa mereka pernah merasakan dampak internet. Dampak-dampak internet
yang pernah mereka rasakan antara lain:
A.
Mengganggu waktu belajar.
B.
Membuat badan terasa lelah setelah
menggunakan fasilitas internet.
C.
Bosan untuk beraktifitas.
D.
Lupa akan waktu.
E.
Terdapat gambar-gambar yang tidak baik
untuk dilihat (porno).
F.
Kecanduan jejaring sosial.
G.
Malas untuk belajar.
H.
Tugas atau pr dari sekolah terlupakan
karena keasyikan menggunakan fasilitas internet.
I.
Mengganggu kesehatan mata.
Akan
tetapi 23,5% menyatakan bahwa mereka belum pernah merasakan dampak negatif
internet. Data tersebut dapat dilihal di tabel 1, pada lampiran.
Dalam
menyikapi dampak-dampak negatif yang ada responden yang merasa terkena dampak
negatif internet telah memiliki cara mereka sendiri, diantaranya:
A.
Menggunakan fasilitas internet dengan
seperlunya.
B.
Memiliki niat, tekat dan usaha yang kuat
untuk mengurangi penggunaan fasilitas internet, teutama yang kurang bermanfaat.
C.
Membatasi dan mengurangi penggunaan
internet, setiap harinya.
D.
Berhati-hati saat menjelajahi internet.
E.
Selektif dalam penggunaan internet.
F.
Memperkuat iman.
Responden yang belum pernah meresakan
dampak internet juga memiliki cara untuk terhindar dari dampak negatif
internet, yaitu dengan:
A.
Tidak menyalahgunakan penggunaan
internet.
B.
Memperkuat iman.
C.
Fokus dengan tujuan penggunaan internet,
terutama untuk belajar.
Ternyata
memperkuat iman menjadi cara yang digunakan oleh responden baik yang pernah
mengalami maupun yang belum pernah mengalami dampak negatif internet untuk
mengurangi ataupu terhindar dari dampak-dampak negatif penggunaan internet. Ada
seorang responden yang belum tahu bagaimana cara menghindari damapk negatif
internet menyatakan bahwa ia diingatkan oleh ibunay jika telah menggunakan
fasilitas internet terlalu lama.
Selain itu beberapa responden yang
menyatakan bahwa mengatur waktu adalah salah satu cara untuk terhindar dari
dampak negatif internet. Cara mengatur waktu yang dilakukan responden untuk
menbagi waktu belajar dan waktu menggunakan internet antara lain:
A.
Penggunaan internet hanya ketika benar
benar dibutuhkan dalam pelajaran jadi tidak mengganggu belajar, tetapi malah
membantu dalam belajar.
B.
Menggunakan fasilitas internet diwaktu
luang bukan disaat waktu belajar.
C.
Disaat ada jadwal ulangan jika masih ingin menggunakan
fasilitas internet diusahakan untuk tidak terlalu lama penggunaan fasilitas internetnya.
D.
Memfaokuskan diri untuk hal yang lebih
penting dibandingkan dengan penggunaan internet untuk hiburan, misalnya Ujian
Nasional.
E.
Penggunaan internet pada sore hari dan
belajar pada malam hari, atau sebaliknya.
F.
Tidak membeli pulsa modem, jika
menggunakan fasilitas internet di rumah bukan di warnet.
BAB
V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada
BAB IV dapat disimpulkan bahwa:
1. Banyak
para siswa kelas IX C SMP N 1 Godean sering menggunakan fasilitas internet.
2. Penggunaan
fasilitas internet yang responden lakukan untuk mendapatkan informasi,
mengerjakan tugas, menghibur diri dengan game,
dan fasilitas jejaring sosial.
3. Banyak
diantara para siswa tersebut telah merasakan dampak negatif dari seringnya
menggunakan fasilitas internet.
4. Para
siswa sudah bisa mengatasi dampak negatif panggunaan internet tersebut dengan
cara mereka sendiri.
B. Saran
Orang
tua hendaknya tahu apa saja dampak negatif internet dan bagaimana cara
mengatasinya. Sehingga para orang tua dapat menasihati anak-anaknya agar tidak
terjerumus kedalam bahaya atau dampak negatif internet tersebut dan juga para
orang tua dapat memberikan pengawasan kepada anak-anak mereka dengan ilmu yang
mereka miliki. Mereka dapat memberikan nasihat kepada anak-anak mereka
cara-cara memanfaatkan fasilitas yang ada diinternet.
DAFTAR
PUSTAKA
http://pitikkedu.blogspot.com/2012/11/pengertian-internet.html,
diunduh Kamis, 27 Desember 2012, 08.10
http://artikelbahasaindonesia.org/artikel-pendidikan/dampak-positif-dan-negatif-internet/,
diunduh Kamis, 27 Desember 2012, 08.25
LAMPIRAN
A.
Daftar Tabel Rekapitulasi
Tabel 1. Rekapitulasi Frekuensi Penggunaan
Fasilitas Internet
No.
|
Pernyataan
|
Jumlah
Responden
|
Presentase
|
1.
|
Sangat sering menggunakan fasilitas
internet
|
1
|
5,9%
|
2.
|
Sering menggunakan fasilitas internet
|
13
|
76,5%
|
3.
|
Jarang menggunakan fasilitas internet
|
3
|
17,6%
|
Tabel 2. Rekapitulasi
Penggunaan Fasilitas Internet
No.
|
Pernyataan
|
Jumlah
Responden
|
Presentase
|
1.
|
Fasilitas Internet untuk mengerjakan
tugas
|
5
|
29,4%
|
2.
|
Fasilitas Internet untuk mengerjakan
hiburan
|
0
|
0%
|
3.
|
Fasilitas Internet untuk mengerjakan
tugas dan hiburan
|
12
|
70,6%
|
Tabel 3. Rekapitulasi
Lama Penggunaan Fasilitas Internet
No.
|
Pernyataan
|
Jumlah
Responden
|
Presentase
|
1.
|
1-5
per hari menggunakan fasilitas internet
|
6
|
35,3%
|
2.
|
Lebih
dari 5 jam per hari menggunakan fasilitas internet
|
1
|
5,9%
|
3.
|
1-10
per minggu menggunakan fasilitas internet
|
6
|
35,3%
|
4.
|
Lebih
dari 10 jam per minggu menggunakan fasilitas internet
|
1
|
5,9%
|
5.
|
Tidak
tentu menggunakan fasilitas internet
|
3
|
17,6%
|
Tabel 4. Rekapitulasi
Waktu Penggunaan Fasilitas Internet
No.
|
Pernyataan
|
Jumlah
Responden
|
Presentase
|
1.
|
Siang
hari menggunakan fasilitas internet
|
1
|
5,9%
|
2.
|
Sore
hari menggunakan fasilitas internet
|
6
|
35,3%
|
3.
|
Malam
hari menggunakan fasilitas internet
|
5
|
29,4%
|
4.
|
Lain-lain
|
5
|
29,4%
|
Tabel 5. Penggunaan
Internet Mengganggu Waktu Belajar
No.
|
Pernyataan
|
Jumlah
Responden
|
Persentase
|
Alasan
|
1.
|
Penggunaan
internet mengganggu waktu belajar
|
3
|
17,6%
|
Setelah
menggunakan internet menjadi malas belajar, tidak bisa menahan diri ber-internet. Tidak bisa membagi waktu
|
2.
|
Penggunaan
internet tidak mengganggu waktu belajar
|
12
|
70,6%
|
Internet
untuk belajar, bisa membagi waktu, tidak sering ber-internet.
|
3.
|
Kadang
mengganggu waktu belajar
|
2
|
11,8%
|
Terkadang
terlalu asyik bermain internet, belum bisa membagi waktu,
|
Tabel 6. Cara Membagi
Waktu Penggunaan Internet dan Waktu Belajar
No.
|
Pernyataan
|
Jumlah
Responden
|
Presentase
|
1.
|
Memakai
internet seperlunya dan benar-benar membutuhkan
|
2
|
11,8%
|
2.
|
Menggunakan
fasilitas internet diwaktu luang
|
2
|
11,8%
|
3.
|
Memfaokuskan
diri untuk hal yang lebih penting
|
6
|
35,3%
|
4.
|
Tidak
membeli pusa modem
|
1
|
5,9%
|
5.
|
Lain-lain
|
6
|
35,3%
|
Tabel 7. Merasakan
Dampak Negatif Internet
No.
|
Pernyataan
|
Jumlah
Responden
|
Presentase
|
Dampak
|
1.
|
Pernah
merasakan dampak negatif internet
|
12
|
70,6%
|
Lupa
waktu, terkadang terdapat gambar porno, malas belajar, mengganggu waktu
belajar, lupa akan tugas, merusak mata, lelah, bosan beraktifitas, kecanduan
jejaring sosial,
|
2.
|
Tidak
pernah merasakan dampak negatif internet
|
5
|
29,4%
|
Tabel 8. Cara Menyikapi
Dampak Negatif Internet.
No.
|
Pernyataan
|
Jumlah
Responden
|
Presentase
|
1.
|
Menggunakan fasilitas
internet dengan seperlunya.
|
4
|
23,5%
|
Memiliki
niat, tekat dan usaha yang kuat untuk mengurangi penggunaan fasilitas
internet
|
1
|
5,9%
|
|
Berhati-hati
saat menjelajahi internet
|
1
|
5,9%
|
|
Memperkuat iman.
|
3
|
17,6%
|
|
Tidak menyalahgunakan
penggunaan internet.
|
1
|
5,9%
|
|
Mengatur waktu dengan
baik
|
3
|
17,6%
|
|
Belum tahu caranya
|
3
|
17,6%
|
|
Ada yang mengingatkan
|
1
|
5,9%
|
Maaf jika ada kata yang kurang tepat dan untuk teman teman yang satu kelompok maaf aku nggak bilang sebelum nge-post ini. Semoga Bermanfaat!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar